Minggu, 03 Juni 2012

Tujuh Amalan Penting

Keimanan manusia pada dasarnya berfluktuatif, naik turun sesuai dengan kondisinya saat itu. Manusia juga selalu berada diantara hidayah Allah dan tipu daya syaitan. Jika kita lengah sebentar saja, disitulah saat syaitan berupaya untuk menjerumuskan manusia. Ada tujuh amalan penting yang akan menjamin seseorang agar terhindar dari tipu daya syaitan. Apabila kita secara konsisten mengamalkannya, Insya Allah kita akan diampuni dosanya, dilindungi dari fitnah kubur, dibangunkan rumah di surga, dikabulkan doanya, dilindungi dari kefakiran, dicukupi kebutuhannya dan dibebaskan dari perasaan gelisah.

Adapun amalan tersebut yaitu :

Pertama, Melakukan 12 rakaat sunnah rawatib
  • 2 rakaat sebelum Subuh
  • 4 rakaat sebelum Zuhur dan 2 rakaat sesudah Zuhur
  • 2 rakaat sesudah Magrib
  • 2 rakaat sesudah Isya
Manfaat : Allah akan membangunkan sebuah rumah di surga bagi orang yang senantiasa melakukannya.
Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa yang shalat dalam satu hari sebanyak 12 rakaat sunnah, Allah akan bangunkan baginya rumah disurga." (HR. Muslim)





Kedua, Shalat Tahajud 2 rakaat
Manfaat: dikabulkan doa, diampunkannya dosa dan dicukupi Allah kebutuhannya.
Rasulullah saw bersabda, "Allah swt turun setiap malam ke langit dunia, disaat sepertiga malam terakhir dan mengatakan, "Siapa yang berdoa kepadaku, pasti aku kabulkan. Siapa yang meminta padaku, pasti aku berikan, dan siapa yang memohon ampun padaku pasti aku ampuni." (HR. Bukhari)



Ketiga, Melakukan shalat Dhuha 2 raka'at, 4 raka'at atau 8 ra'kaat.

Manfaat: bernilai shadaqah dari seluruh persendian tulang.

Rasulullah saw bersabda, "Setiap persendian kalian adalah shadaqah, setiap tasbih adalah shadaqah, setiap tahmid adalah shadaqah, setiap  tahlil adalah shadaqah, setiap takbir adalah shadaqah, setiap anjuran pada kebaikan adalah shadaqah, setiap larangan dari yang mungkar adalah shadaqah dan semuanya akan mendapat ganjaran yang sama dengan melakukan shalat dua rakaat dari sholat Dhuha.



Keempat, membaca surah Al Mulk

Manfaat : diselamatkan dari adzab kubur.

Rasulullah saw bersabda, "Sesungguhnya ada salah satu surah dari Al Qur'an yang terdiri dari 30 ayat. Ia akan memberi syafaat pada seseorang dengan pengampunan dosa, yaitu surah "tabarakallazi biyadihil mulk." (HR. Turmudzi dan Ahmad).



Kelima, mengamalkan kalimat : Laailaaha illallah wah dahu laa syarikalahu, lahul mulku wa lahul hamdu, wahuwa ala kulli syai'in qadir

Manfaat : terpelihara dari gangguan syaitan selama satu hari, dihapuskan 100 kesalahan dan memperoleh 100 kebaikan.

Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa yang mengatakan "Laailaaha illallah wah dahu laa syarikalahu, lahul mulku wa lahul hamdu, wahuwa ala kulli syai'in qadir", maka ia akan mendapat pahala seperti membebaskan 10 budak, ditulis baginya 100 kebaikan, dihapuskan 100 kesalahannya, dan ia akan terpelihara dari syaitan pada saat itu sampai sore dan tidak ada seorangpun yang lebih baik dari apa yang ia peroleh dari hari itu, kecuali ada orang yang beramal lebih dari itu."



Keenam, shalawat atas Nabi Muhammad saw

Manfaat : bebas dari bakhil dan mendapat balasan shalawat dari Allah swt.

Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa yang bershalawat atas diri saya, maka Allah akan mendoakannya sebanyak sepuluh kali." (HR. Muslim)
Dalam hadits yang lain Rasulullah saw bersabda, " Orang yang bakhil adalah orang yang bila namaku disebut dihadapannya, kemudian ia tidak bershalawat kepadaku." (HR. Turmidzi)



Ketujuh, mengamalkan kalimat, Subhanallah wa bihamdihi, subhanallahil aziim.

Rasulullah saw bersabda," Barangsiapa yang melazimkan istighfar, maka Allah akan memberikan padanya jalan keluar di setiap kesempitan, penyelesaian dari setiap kegundahan dan diberikan rezeki dari sesuatu yang tidak diduga-duga." (HR. Abu Daud, Ibnu Majah dan Hakim)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar