Jumat, 23 Desember 2011

Tips melancong ke Ho Chi Minh City ( Vietnam)

Ada beberapa catatan yang saya buat selama perjalanan  ke Ho Chi Minh City - Vietnam pada awal Desember 2011 lalu. Hal-hal kecil dan kelihatan sepele tapi sangat bermanfaat bagi  siapa saja yang merencanakan akan jalan-jalan ke Ho Chi Minh City. Mudah-mudahan tips ini akan memperlancar dan memberi rasa nyaman selama di perjalanan. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan adalah : 

  • Tidak perlu mengisi " kartu imigrasi " ketika akan melewati pemeriksaan paspor dibandara Tan Son Nhat.
  • Mata uang vietnam (VND) susah didapat di Indonesia, lebih baik membawa USD dan tukar uang di Bandara secukupnya baru tukar lagi di money changer jika dibutuhkan. Pengalaman teman saya menukar  uang di Jakarta, Rp. 1 juta  = 1,2 juta VND (Vietnam Dong). Sedangkan saya menukar uang di money changer Bandara  Tan Son Nhat, USD 100 = 2,1 juta VND (Vietnam Dong). 
  • Turis Malaysia banyak berkunjung ke Ho Chi Minh City dan sangat populer di sana. Pedagang di Ho Chi Minh City  menerima mata uang Ringgit untuk transaksi belanja.   
  • Hati-hati dengan taksi, supir taksi  meminta tambahan biaya meskipun  kami sudah memesan dan membayar biaya taksi sebesar USD 10 per orang dari counter taksi di dalam bandara. Kami tidak memberi tambahan biaya karena petugas di counter sudah mewanti-wanti tidak ada lagi tambahan biaya untuk taksi. Biaya taksi (Vinasun taxi) dari Thuan Thien Hotel ke Airport hanya USD 7 per taksi.
  • Lebih baik tidak mengambil paket tour dari hotel, karena biasanya jauh lebih mahal (bisa 100 %) dari harga yang ditawarkan di travel. Sebagai contoh City Tour Full Day di hotel dibanderol dengan harga 475 VND sudah termasuk biaya masuk ke objek-objek yang dikunjungi. Sedangkan kalo kita ambil langsung dari travel yang banyak terdapat di District 1, untuk paket yang sama hanya dikenai biaya sekitar 250 VND. 
  • Pastikan dengan baik isi mini bar yang ada di kamar hotel, ketika akan check out dari hotel kami dikenai biaya air mineral padahal tidak ada isi dari mini bar yang digunakan.
  • Makanan di Vietnam banyak yang tidak halal bagi kaum Muslim, persis di belakang  Thuan Thein Hotel ada restoran VN. Halal. Sebagian besar pengunjung restoran ini adalah turis dari Malaysia.
  •  Bagi anda yang menggunakan penerbangan Air Asia, ketika akan kembali ke tanah air pastikan anda telah melakukan online check in melalui internet. Di bandara Tan Son Nhat tidak tersedia fasilitas mesin check in online seperti yang terdapat di bandara Soekarno-Hatta dan di bandara Thailand. Jika kita check in di counter akan dikenakan biaya USD3 per orang. Hal ini merepotkan karena kita harus pindah dan membayar di counter khusus dan setelah itu kembali lagi ke counter tempat check in. 
  • Yang terpenting terutama bagi anda yang hanya mempunyai waktu terbatas, rencana perjalanan harus sudah disusun sebelum keberangkatan. Berbagai informasi mengenai Ho Chi Minh City mudah didapat melalui internet. 
  • Selamat menikmati perjalanan  

Di depan The General Post Office



2 komentar: