Jumat, 06 Januari 2012

Kisah Kelam Perang Vietnam di War Remnant Museum

War Remnant Museum terletak di Jalan  Vo Van Tan 28 , Distric 3, Ho Chi Minh City, merupakan museum sejarah peninggalan  perang Vietnam yang  berakhir pada tahun 1975.  Memasuki halaman War Remnant Museum  terlihat beberapa jenis   peralatan perang Amerika yang berhasil direbut oleh tentara vietkong , ada tank, selongsong peluru, bom  dan   helikopter dipajang di halaman museum yang tidak terlalu luas. Sebelum memasuki gedung museum saya terlebih dahulu  mengambil beberapa foto situasi outdoor museum. Beberapa turis terlihat sangat antusias berfoto dengan latar belakang tank dan helikopter.

  
 
Di halaman depan War Remnants Museum
 



Tank dan helikopter Amerika  di halaman museum


Gedung War Remnant Museum terdiri dari 3 (tiga) lantai yang dibagi  menjadi beberapa ruangan dan masing-masing ruangan mempunyai tema tersendiri. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari brosur yang dibagikan pada saat membeli tiket,  terdapat 7 (tujuh) tema pada museum ini yaitu :
  1. The world people in supprt of vietnam's resistance, ruangan ini terletak di lantai 1 berisi dokumentasi   reaksi masyarakat dunia terhadap perang Vietnam dan  dokumentasi seruan perdamaian dari berbagai belahan dunia.
  2. Historical Truths,  ruangan ini berisi fakta-fakta sejarah perang Vietnam.
  3. Requiem, pada ruangan ini ditampilkan koleksi dokumentasi foto-foto perang vietnam yang diambil oleh134 jurnalis perang vietnam yang berasal dari 11 negara.
  4. The collection of documentary photos of japanese  photographers : Bunyo Ishikawa and Nakamura Goro, menampilkan dokumentasi foto-foto dari fotograper Jepang.
  5. Imprisonment conditions during the war
  6. Aggressive War Crimes
  7. Dove , Ruangan ini terletak di lantai 3 yang diperuntukkan sebagai ruang  edukasi untuk anak-anak


 Situasi Lantai 2  museum

Dokumentasi  peninggalan perang vietnam pada umumnya terletak di Lantai 2 (dua).  Ada beberapa hal yang menarik perhatian saya di lantai ini yaitu  foto-foto kondisi Vietnam pada masa perang, kekejaman tentara Amerika, display peluru serta bebagai jenis senjata yang digunakan semasa perang dan foto anak-anak Vietnam yang terkena dampak dari penggunaan senjata kimia yang disebut dengan "Agent Orange".




Perang selalu   saja meninggalkan cerita kelam, di War Remanant Museum terpampang rapi  ratusan foto yang menggambarkan kondisi perang saat itu. Meskipun perang vietnam telah lama usai namun tidak terhitung banyaknya orang-orang yang menjadi korban akibat kekejaman perang, kehilangan keluarga dan orang-orang tercinta, cacat secara fisik maupun mental, menderita akibat serangan zat kimia beracun bahkan ada yang mengalami trauma seumur hidupnya.



Lebih dari 3 juta penduduk terbunuh & 4 juta terluka

Dari dokumentasi foto di atas diperoleh informasi ternyata   serangan tentara Amerika selama perang telah membunuh lebih dari 3 juta penduduk vietnam dan melukai 4 juta penduduk. Banyak sekali  foto-foto  tragedi kemanusian akibat kekejaman perang di sajikan dalam berbagai foto yang memperlihatkan penduduk sipil, militer yang menjadi korban perang

Penyiksaan penduduk sipil

Untuk melindungi diri dari serangan bom udara tentara Amerika, rakyat vietnam membuat  tempat berlindung yang sederhana yang disebut dengan individual sewer  seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Individual sewer ini terbuat dari semen, berdiameter kurang lebih satu meter.  Seringkali tempat perlindungan ini digunakan untuk satu keluarga, bukan hanya untuk satu orang.




Di museum ini juga dipamerkan berbagai jenis senjata , peluru, selongsong serta peralatan perang modern yang digunakan tentara Amerika yang tentu saja jauh lebih canggih dari peralatan perang tentara vietnam. Tetapi peralatan canggih tentara Amerika pada saat itu tidak mampu melumpuhkan tentara vietkong karena  vietkong  memiliki  strategi perang gerilya yang sangat jitu. 



Senjata tentara Amerika






Terdapat satu ruangan  yang  memperlihatkan betapa dahsyatnya efek zat kimia yang disebut dengan  "Agent Orange". Zat kimia tersebut merupakan sejenis herbisida (zat kimia pembasmi gulma atau tanaman) yang disemprotkan tentara Amerika   untuk membasmi tumbuh-tumbuhan yang sering dimanfaatkan oleh tentara vietkong sebagai tempat persembunyian. "Agent Orange" ini mempunyai bahan aktif dioksin   yang dapat menyebabkan cacat genetis bagi manusia. Jika ibu-ibu Vietnam yang sedang hamil pada saat itu menghirup atau terkena bahan kimia ini, maka janinnya tidak berkembang secara normal. Selanjutnya  anak-anak yang dilahirkan akan memiliki kelainan secara genetis dengan anggota tubuh yang tidak komplit atau tidak sempurna.  

  

Anak-anak korban "Agent Orange"













Foto-foto di atas menunjukkan sebagian anak-anak vietnam yang menjadi korban sejenis zat kimia beracun yang diberi julukan "Agent Orange".

 

Ibu & Anak korban perang
Berada di museum ini seperti kembali kemasa lalu, museum ini berhasil menggambarkan kondisi dan suasana perang Vietnam pada masa itu.  Museum ini selain dimanfaatkan sebagai salah satu tempat untuk belajar sejarah, yang tidak kalah pentingnya agar dapat dijadikan sebagai alat propaganda anti perang. Akhirnya " SAY NO TO WAR  ----  YES TO PEACE ".
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar