Kamis, 10 Mei 2012

Sebuah Kisah ......

Kisah ini merupakan salah satu kisah favorit saya yang  diambil dari buku "Riyadhus Shalihin"  oleh Imam Nawawi. Kisah yang menceritakan bagaimana setan selalu berupaya memperdayai manusia bahkan dengan menggunakan "ayat-ayat Allah". Hal ini sering terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari.


Kisahnya sebagai berikut :

Rasulullah saw menugaskan Abu Hurairah ra untuk menjaga zakat pada bulan Ramadhan. Ada seseorang datang dan mengambil segenggam makanan. Lalu orang itu dipegang oleh Abu Hurairah dan berkata padanya, "Sungguh kamu akan saya laporkan kepada Rasulullah."

Ia menjawab,"Aku adalah orang miskin yang mempunyai banyak tanggungan keluarga yang membutuhkan makanan."
Abu Hurairah lalu melepaskan orang tersebut.

Pagi harinya Rasulullah bertanya,"Wahai Abu Hurairah, apa yang semalam dilakukan oleh tawananmu?"


Abu Hurairah menjawab, "Wahai Rasulullah, ia mengeluh sangat memutuhkan makanan. Dan ia mempunyai banyak keluarga. Karena merasa kasihan, maka saya lepaskan."

Beliau bersabda,"Sesungguhnya ia dusta kepadamu. Tetapi ia akan datang lagi."

Abu Hurairah percaya bahwa ia akan datang lagi karena beliau yang mengatakan hal itu. Ternyata benar. Ia datang lagi lalu mengambil segenggam makanan. 

Abu Hurairah berkata,"Sungguh kamu akan saya laporkan kepada Rasulullah."

Ia berkata,"Aku adalah orang miskin yang mempunyai banyak tanggungan keluarga yang membutuhkan makanan. Aku tidak akan mengulanginya lagi."

Karena merasa kasihan, Abu Hurairah lalu melepaskannya lagi.

Pagi harinya Rasulullah bertanya,"Wahai Abu Hurairah, apa yang semalam dilakukan oleh tawananmu?"

Abu Hurairah menjawab,"Wahai Rasulullah, ia mengeluh sangat membutuhkan makanan. Dan ia mempunyai banyak keluarga. Karena merasa kasihan, maka saya lepaskan."

Beliau bersabda,"Sesungguhnya ia dusta kepadamu. Tetapi ia akan datang lagi."

Abu Hurairah benar-benar berjaga untuk ketiga kalinya. Ia memang datang lagi lalu mengambil segenggam makanan.

Abu Hurairah berkata,"Sungguh kamu akan saya laporkan kepada Rasulullah. Ini adalah perbuatanmu yang ketiga kalinya. Kamu sudah berjanji tidak akan mengulangi, tetapi ternyata kamu melanggarnya."

Ia berkata, "Maafkan aku, sesungguhnya aku ingin memberitahukan kepadamu beberapa kalimat yang karenanya Allah akan mendatangkan manfaat kepadamu."

Abu Hurairah bertanya, "Kalimat apa itu?"
Ia berkata,"Ketika kamu hendak tidur, bacalah Ayat Kursi sampai selesai. Jika kamu membacanya, niscaya Allah akan memberimu perlindungan dan setan tidak akan berani datang kepadamu sampai pagi."

Abu Hurairah lalu melepaskannya. Pagi harinya Rasulullah bertanya,"Apa yang semalam dilakukan oleh tawananmu."

Abu Hurairah menjawab, "Wahai Rasulullah, ia mengajari saya beberapa kalimat yang karenanya Allah akan mendatangkan manfaat kepada saya. Makanya ia lalu saya lepaskan."

Beliau bertanya, "Kalimat apa itu?"

Lalu Abu Hurairah menjawab,"Ketika kamu hendak tidur, bacalah Ayat Kursi sampai khatam (selesai). Jika kamu membacanya, niscaya Allah akan memberimu perlindungan dan setan tidak akan berani datang kepadamu sampai pagi."

Beliau bersabda,"Sesungguhnya apa yang ia katakan kepadamu itu benar, walaupun ia adalah pendusta. Tahukah kamu, siapa yang datang kepadamu selama tiga malam itu, wahai Abu Hurairah?"

Abu Hurairah menjawab,"Tidak"

Beliau bersabda,"Itu adalah setan." (HR Al Bukhari)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar