Senin, 29 April 2013

Tips Melancong ke Jepang

Saat berkunjung ke Jepang tepatnya ke Tokyo, Osaka, Kyoto, saya tidak tidak punya persiapan yang matang. Berikut ini beberapa tips yang sebaiknya anda tau sebelum berkunjung ke Jepang. Mudah-mudahan bermanfaat untuk mempermudah aktifitas anda selama berkunjung ke Jepang.
  • Bila anda muslim, sebaiknya membawa alat penunjuk kiblat untuk memudahkan anda bila tiba waktu sholat. Pada umumnya hotel-hotel di Jepang tidak mempunyai fasilitas arah penunjuk kiblat.
  • Jepang mempunyai empat musim yaitu musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Pastikan anda membawa pakaian yang sesuai dengan musim saat anda berkunjung. Saya berkunjung ke Jepang pertengahan Maret 2013, saat itu awal musim semi tetapi cuaca masih terasa dingin. Jaket tebal masih dibutuhkan meski musim semi sudah dimulai.
  • Jangan mengambil foto di bandara. Saat  antri untuk proses imigrasi  di bandara Haneda saya sempat hendak mengambil foto melalui kamera ponsel, namun seorang petugas menegur saya sambil memberi isyarat agar tidak mengambil foto.
  • Lebih baik jika anda menukar mata uang Jepang yaitu Yen di tanah air saja. Kurs saat saya berangkat sekitar 1 Yen = 103 rupiah. Toko-toko di Jepang tidak menerima pembayaran dalam mata uang US Dollar. Mata uang Amerika itu dihargai lebih rendah jika anda menukarnya di money changer di Jepang.
  • Untuk kelancaran komunikasi anda dengan keluarga di tanah air, pastikan anda membawa colokan hp yang sesuai dengan standar di Jepang. Sebagai informasi voltase di Jepang hanya 110 volt, beda dengan di Indonesia yang 220 volt.
  • Jepang menggunakan teknologi yang canggih untuk setiap toilet baik itu di hotel maupun untuk toilet umum. Perhatikan petunjuk berupa simbol-simbol yang disediakan pada remote yang berada di sisi kanan kloset. 
  • Bagi anda yang rada susah untuk adaptasi dengan menu makanan di Jepang, ada baiknya membawa makanan khas Indonesia seperti rendang, sambal  trika (teri kacang), bumbu pecal, sambal dll.
  • Selamat menikmati perjalanan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar