Rabu, 07 Maret 2012

Cara Halau Galau

Dalam kehidupan ini, kebahagiaan dan kesedihan biasanya datang secara bergantian. Bila saat ini kita sedang diliputi  kebahagiaan karena kebahagiaan  sedang  mengunjungi kita. Maka bersiap-siaplah kita untuk menerima kunjungan berikutnya dari kesedihan, kesusahan, kegalauan dan lain-lainnya.

Jika kesedihan sedang menemani hari-hari kita, janganlah terlarut dalam sedih dan galau yang berkepanjangan. Ada banyak cara untuk menghalau rasa galau diantaranya :

Mendekatkan diri pada Allah Sang Maha Kuasa, 

Apapun permasalahan yang sedang kita hadapi, tetap berbaik sangka  pada Allah. Yakinlah semua masalah akan selesai pada waktu yang tepat, karena pertolongan Allah akan datang pada saat yang tepat.  Pertolongan Allah mungkin tidak datang secepat yang kita inginkan tetapi tidak juga datang terlambat. 

Dekatkanlah diri hanya padaNya, tingkatkanlah ibadah padaNya, berusahalah untuk memperbaiki keadaan dan berdoalah hanya padaNya. Lalu pasrahkan hasil akhirnya hanya pada Allah, karena takdir merupakan domain Allah, wilayah sang Maha Kuasa dan Sang Maha Berkehendak. Manusia tidak bisa ikut campur atas ketetapan Allah karena itu merupakan "hak mutlak" Sang Maha Kuasa. Sebagai manusia kita hanya diwajibkan berusaha dan berdoa.

Yakinlah hanya Allah yang mampu menolong kita agar dapat keluar dari kesulitan yang sedang kita hadapi.
" Hasbunallah wani'mal wakil Ni'mal Maula Wa Ni'man Nashir" , yang artinya Cukuplah Allah menjadi pelindung kami, Allah Sebaik-baik Pelindung dan Sebaik-baik penolong.


Tetap menjalin tali silaturahmi dengan keluarga, tetangga, sahabat
 
Silaturahmi adalah kunci terbukanya rahmat dan pertolongan Allah. Dengan banyak bertukar cerita dengan keluarga, sahabat dan teman bisa  mengurangi sedikit beban yang sedang kita hadapi. Seringkali kita akan menjumpai bahwa sesungguhnya bukan hanya kita saja yang sedang berada dalam kesulitan. Orang lain juga punya masalah yang bahkan mungkin masalahnya lebih rumit dari maslah kita. Hal tersebut bisa membuat kita sadar bahwa bukan hanya kita yang sedang berada dalam ujian Allah, malah bisa jadi kita malah bersyukur bahwa masalah kita masih lebih ringan dari masalah orang lain.

Lakukan Perjalanan

Hadist riwayat Bukhari menyebutkan bahwa safar (perjalanan) adalah sebagian dari siksaan. Namun ulama lain  mengatakan : " Bersafarlah, sesungguhnya dalam safar ada lima keuntungan yaitu : menghibur diri dari kesedihan, mencari hasil usaha (mata pencaharian), memperoleh tambahan ilmu, lebih banyak mengenal adab kesopanan dan menambah kawan yang baik (mulia)."

Jika mempunyai dana lebih lakukanlah perjalanan wisata sesuai dengan kemampuan keuangan kita., jika memungkinkan lakukan perjalanan yang bersifat ibadah seperti umrah. Dalam perjalanan kita dapat melihat kebesaran ciptaan Allah  yang mudah-mudahan akan dapat meningkatkan keimanan kita pada Allah. Doa orang yang sedang melakukan perjalanan (musafir) akan diijabah oleh Allah.

Lakukan hal-hal yang pernah  ingin kita lakukan tapi belum terealisasi karena kesibukan.

Salah satunya mungkin saja dengan membuat blog pribadi. Keuntungan punya blog pribadi, blog selain  bisa menjadi tempat mengasah bakat menulis untuk mengisi kesibukan, blog bisa juga menjadi tempat curhat, tempat mengeluarkan unek-unek tentang apa saja yang sedang dialami dan dirasakan. JIka sedang galau biasanya kita akan selalu mencari seseorang yang mau mendengarkan curhat kita. Namun jika masalah berkepanjangan biasanya teman, sahabat atau siapa saja teman curhat kita mulai rada malas mendengarkan keluh kesah kita. Kecenderungan orang yang sedang galau selalu mengulangulang ceritanya. Nah ... kalo sudah punya blog pribadi, tulis saja semuanya diblog. Siapa tahu   suatu waktu nanti  hasil curhat-curhat anda dblog bisa diterbitkan menjadi sebuah  buku. Hal itu sudah pernah terjadi lho ..

Cobalah hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Salah satunya dengan mencoba mendalami fotografi secara lebih serius. Jika kita mulai suka melalukan perjalanan (safar) dari suatu kota ke kota lain atau dari suatu negara ke negara lain. Tentu banyak hal-hal unik, pemandangan indahyang kita temui selama melakukan perjalanan. Kalau selama ini kita melakukan dokumentasi melalui camera di handphone atau dengan camera saku, tidak ada salahnya jika punya dana lebih cobalah untuk membeli camera DSLR yang lebih canggih untuk menghasilkan foto-foto yang lebih bagus. Perjalanan terasa lebih lengkap, selain menikmati perjalanan kita juga dapat membuat dokumentasi perjalanan dengan lebih bagus. Siapa tahu bisa menjadi side income dengan menjadi fotographer professional.

Mudah-mudahan dengan tips di atas, Insya Allah tidak ada lagi ruang bagi galau dalam kehidupan kita karena waktu yang ada sudah kita isi dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.

Say Goodby to Galau ..............


Semoga Bermanfaat ...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar