Selasa, 15 November 2011

Hari Nahar (Qurban)

Setelah shalat Idul Adha, pada pukul 9.00 pagi dimulai penyembelihan hewan qurban di halaman sebelah mesjid Muslimin. Panitia hari ini akan menyembelih 6 ekor lembu dan 2 ekor kambing, terlihat antusias masyarakat sekitar terutama anak-anak untuk ikut menyaksikan secara langsung penyembelihan  hewan qurban tersebut.

Bermacam-macam perilaku lembu sebelum disembelih, ada yang gampang pada waktu proses mengikat kaki lembu tsb, ada yang perlu ekstra tenaga untuk mengejar-ngejar lembu tsb, bahkan lembu yang terakhir sempat lepas tali pengikatnya dan lari membuat orang-orang disekitarnya berhamburan lari menjauh.


 
Ini pertama kali aku ikut prosesi pemotongan hewan qurban, biasanya hanya titip duit ke panitia qurban dan sorenya daging qurban bagianku akan diambil atau bahkan tidak diambil kalo kebetulan aku berqurban di luar kota. Diiringi  Allahu Akbar.. Allahu Akbar ... Allahu Akbar. Laa ilaaha illallahu wallahu akbaru, Allahu akbar walillahil hamdu (Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, tidak ada sesembahan yang benar selain Allah, Allah Mahabesar dan untuk Allah-lah segala puji), aku, kerabat dan lima orang lainnya berdiri di samping lembu yang akan diqurbankan. Ada keharuan yang tidak pernah aku rasakan sebelumnya. Terbayang belum  seberapa pengorbanan yang telah kulakukan untuk agama, keluarga apalagi buat sesama. 



Jika ingin memaknai lebih dalam, qurban pada hakekatnya merupakan perwujudan; yang pertama   ketaqwaan & kesholehan Nabi Ibrahim  untuk menyembelih anaknya Ismail atas perintah Allah, ketaatan Nabi Ismail dan keikhlasan Siti Hajar. Yang kedua, melalui qurban kita mengasah kepedulian sosial dengan berbagi daging qurban kepada fakir miskin dan orang-orang yang membutuhkan. Mudah2an spirit berbagi ini tidak hanya dilakukan pada saat hari nahar saja. Penyembelihan hewan qurban dilakukan hanya pada hari nahar namun qurban yang sesungguhnya harus dilakukan sepanjang hidup. Ketiga, qurban merupakan wujud rasa syukur kita atas semua rahmat dan karunia yang telah diberikan Allah.

Wass. 
Medan, 6 November 2011


Tidak ada komentar:

Posting Komentar